Penerapan Media Cerita Bergambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI Miftahul Falah

Authors

  • Siti Maftuhah STAI Senori Tuban, Jawa Timur
  • Tana Lina Muzna Al Sana Universitas Al Hikmah Indonesia, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.63321/miej.v1i2.26

Keywords:

Bahasa Indonesia, Media pembelajaran, media cerita bergambar

Abstract

This research aims to determine the application of picture story media and the results of the application of picture story media in fifth-grade Bahasa Indonesia learning at Madrasah Ibtidaiyah. This research uses qualitative methods with data sources from interviews and observations. The data obtained was then analyzed to obtain a general picture of the application of picture story media in fifth-grade Bahasa Indonesia learning at Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah. The results of the research show that there are changes experienced by students after being taught picture story media. These changes can be seen from an increase in the quality of student learning, students become more receptive to the material presented by the teacher and can stimulate students’ imaginations to think creatively during the ongoing learning process. So that teachers get choices in carrying out the Bahasa Indonesia learning process.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjeli, Y. N., & Latifah, N. (2021). Pengembangan Media Boneka Jari Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kepandidikan, 5, 1–7.

Apriani, D. N. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Etika Melalui Media Cerita Bergambar Pada Kelompok B Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Miftahul Huda I Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi: Iain Salatiga, 10.

Ayumi, A. Y., Haryadi, H., & Pristiwati, R. (2021). Kajian Dan Rekonstruksi Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Dalam Menulis Teks Narasi. Asas: Jurnal Sastra, 2(3), 161. https://doi.org/10.24114/ajs.v10i2.26317

Damayanti, L., & Sumarwoto, V. D. (2016). Pengaruh Media Cerita Bergambar Terhadap Kehidupan Sosial Anak Didik Kelompok B Tk Desa Ngepeh Saradan Madiun Tahun Ajaran 2014-2015. Jurnal CARE, 03.

Fatimah, S., & Rosyidah, I. (2021). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidik Di Mts Sa Miftahul Hikmah Parengan Tuban. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 3(1), 66–75. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v3i1.872

Fitriana, E. (2012). Pengembangan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kreativitas Mendesain Pada Mata Pelajaran Menggambar Busana Siswa Kelas Xi Smk Negeri 3 Pacitan. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Handayaningrum, Y. (2010). Penerapan Media Cerita Bergambar (Cergam) untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009.

Hardjana, H. (2006). Cara Mudah Mengarang Cerita Anak-anak. Grasindo.

Intan, M. (2020). Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak Di TK Dharma Wanita Bandar Lampung. Universitas Bandar Lampung.

Ismail, J. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Melalui Media Cerita Bergambar Pada Siswa Kelas Ii Mis Hi. Ahmad Syukur Daruba Kabupaten Pulau Morotai. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 3(12), 1536–1552.

Kadarwati, A., & Malawi, I. (2017). Pembelajaran Tematik: (Konsep dan Aplikasi). CV. AE Media Grafika.

Kementerian, A. R. (2021). Al Qur’an dan Terjemahnya. CV. Penerbit J-Art.

Khamidah, N. (2017). Penggunaan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Else (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2b), 114–119.

Kole, I., Benu, A. Y., & Bulu, V. R. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Menulis Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sd Inpres Labat Kota Kupang. Spasi: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(2), 25–37.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Penerbit Bintang Surabaya.

Kurniawan, H. (2016). Pembelajaran Kreatif Bahasa Indonesia (Kurikulum 2013). Prenadamedia.

Kusumohadi, C. D. (2016). Perancangan Buku Cerita Fabel Yang Mengajarkan Tata Krama Untuk Anak Usia 6 – 8 Tahun.

Mawanto, A., Siswono, T. Y. E., & Lukito, A. (2020). Pengembangan Media Cerita Bergambar untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pecahan Kelas II. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 424–437. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.243

Murdiyati, S. (2020). Peranan bahasa indonesia dalam membangun karakter generasi muda bangsa. Educatif Journal of Education Research, 2(3), 25–30. https://doi.org/10.36654/educatif.v2i3.21

Nisa’, N. A. A. (2019). Penggunaan Media Cerita Bergambar Islami Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Pada Siswa Kelompok B TK Mafatihul Ulum Sunggingan Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Institut Agama Islam Negeri Kudus.

Nurgiantoro. (2005). Sastra Anak: Pengantar Pembelajaran Dunia Anak. Universitas Gajah Mada.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Rahma, F. I. (2019). Media Pembelajaran (kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam, 14(2), 87–99.

Sihabudin, & Mukaffa, Z. (2009). Sihabudin, Zumrotul Mukaffa, Dkk, Bahasa Indonesia 2 Edisi Pertama (Surabaya: Lapis Pgmi, 2009), 2 (1st ed.). Lapis PGMI.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, S. (2011). Metodologi Penelitian. Rajawali Pers.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan pengembangannya. PT Remaja Rosdakarya.

Suryaningsih, E., & Fatmawati, L. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Tentang Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Api Untuk Siswa Sd. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 113–124. https://doi.org/10.23917/ppd.v4i2.5310

Syafitri, A. (2018). Pengaruh Media Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di PAUD Witri 1 Kota Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Rajawali Pers.

Tahara, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Media Cerita Bergambar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 149 Baku-Baku Kabupaten Luwu Utara. Universitas Cokroaminoto.

Zulela. (2012). Pembelajaran Bahasa Indonesia (Apresiasi Sastra Di Sekolah Dasar). PT Remaja Rosdakarya.

Zulfahnur, Z. F. (2016). Teori Sastra. Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2024-04-11

Issue

Section

Articles

How to Cite

Maftuhah, S., & Al Sana, T. L. M. (2024). Penerapan Media Cerita Bergambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI Miftahul Falah. Madrasah Ibtidaiyah Education Journal, 1(2), 68-77. https://doi.org/10.63321/miej.v1i2.26