About the Journal

Transdisciplinary Journal of Religion and Education (TJRE) adalah jurnal ilmiah peer-reviewed yang mempublikasikan hasil penelitian, kajian konseptual, dan studi kritis di bidang pendidikan agama dengan pendekatan lintas dan transdisipliner. Jurnal ini bertujuan menjadi forum akademik bagi para peneliti, pendidik, dan praktisi untuk mengembangkan wacana ilmiah yang mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan dengan berbagai disiplin ilmu, termasuk ilmu sosial, humaniora, sains, teknologi, dan seni.

TJRE memfasilitasi pertukaran ide yang bersifat inovatif dan konstruktif dalam menjawab tantangan pendidikan agama di era global yang kompleks dan dinamis. Artikel yang dipublikasikan dapat berupa hasil penelitian empiris, tinjauan pustaka yang komprehensif, maupun gagasan konseptual yang memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan teori, praktik, dan kebijakan pendidikan agama.

Dengan cakupan internasional, TJRE berkomitmen pada standar etika publikasi ilmiah yang tinggi, melalui proses penelaahan sejawat (double-blind peer review) dan keterbukaan akses (open access) agar hasil penelitian dapat diakses secara luas untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan peradaban.

Current Issue

Vol. 1 No. 1 (2025): October
					View Vol. 1 No. 1 (2025): October
Published: 2025-08-15

Articles

  • Dinamika dan Tantangan Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Konteks Pendidikan Agama Islam

    Zeni Faridah, Ahmad Rizqi
    1-10
    DOI: https://doi.org/10.63321/tjre.v1i1.109
  • Pembentukan Moral Remaja melalui Teori Habitus Pierre Bourdieu dalam Perspektif Psikologi Pendidikan Islam

    Siti Khusniatul Amanah, Istingadah Istingadah
    11-21
    DOI: https://doi.org/10.63321/tjre.v1i1.110
  • Analisis Konsep Pendidikan Karakter Imam Al-Ghazali (Bidayatul Hidayah) dan Implikasinya bagi Pendidikan Karakter di Indonesia

    Yayuk Ismawa, M. Fatchul Ulum
    22-32
    DOI: https://doi.org/10.63321/tjre.v1i1.111
  • Penerapan Metode Kitabah terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur'an Juz 'Amma

    Dewi Asri Fatma Sari
    33-41
    DOI: https://doi.org/10.63321/tjre.v1i1.112
  • Kritik Kebangsaan terhadap Krisis Demokrasi dan Ketidakadilan Sosial: Analisis Filsafat Pancasila melalui Pendidikan Agama Islam

    Istingadah Istingadah, Ahmad Muzakki
    42-52
    DOI: https://doi.org/10.63321/tjre.v1i1.113
View All Issues